Visi & Misi

 

Memperhatikan kondisi internal dan eksternal serta mengacu pada visi pemerintah Kabupaten Blora yaitu " Terwujudnya Masyarakat Blora Yang Lebih Sejahtera dan Bermartabat" maka Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blora menetapkan langkah-langkah dalam rangka mencapai visi tersebut.

Penjelasan Visi tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Masyarakat yang sejahtera, mengandung maksud bahwa seluruh masyarakat Kabupaten Blora telah mampu memenuji kebutuhan dasarnya meliputi sandang, pangan, papan, pendidikan dan kesehatan secara layak dan berkeadilan. Kondisi ini ditandai tingginya pendapatan per Kapita penduduk, pemerataan pendidikan bagi masyarakat, tingginya derajat kesehatan masyarakat, menurunnya jumlah penduduk miskin, terciptanya iklim investasi, meningkatnya jumlah lapangan kerja di berbagai sektor usaha, ketersediaan insfrastruktur dasar dan terciptanya kelestarian lingkungan hidup.
  2. Bermartabat mengandung maksud bahwa masyarakat Blora memiliki harga diri yang tercermin melalui akhlak mulia dan berbudaya. Berakhlak mulia dalam arti memperoleh kemajuan pada dimensi mental-spiritual, keagamaan dan kebudayaan yang ditandai dengan terbentuknya masyarakat yang bermoral dan berkarakter, sebagai wujud kesejahteraan masyarakat secara lahir dan batin. Berbudaya dalam arti menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan termasuk didalamnya hukum kearifan lokal sebagai cerminan harkat dan martabat manusia. Berbudaya merupakan aktifitas terus-menerus dalam menumbuh kembangkan kualitas yang ditandai dengan terwujudnya budaya profesionalisme, daya saing, etos kerja dan menghormati hukum. Kebudayaan sebagai sebuah bidang kehidupan menjadi elemen penting menuju masyarakat yang sejahtera.

Untuk dapat mewujudkan visi tersebut perlu dijabarkan kembali menjadi sebuah misi untuk memperjelas jalan atau langkah yang akan dilakukan dalam rangka mencapai perwujudan visi. Oleh karena itu, maka Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blora bertekad untuk berkontribusi dan mendukung misi yang didalamnya mengandung tujuan serta sasaran yang ingin dicapai.

Misi ke 2 Kabupaten Blora dimana Dinas Peternakan dan Perikanan menjadi salah satu Organisasi Perangkat Daerah yang wajib mendukung dan melaksanakan adalah : "Meningkatkan pertumbuhan, ekonomi, pendapatan masyarakat dan memaksimalkan pemanfaatan sumberdaya daerah yang ramah lingkungan dan berkesinambungan".

Untuk dapat melaksanakan misi Kabupaten Blora, Dinas Peternakan dan Perikanan menetapkan llangkah sebagai berikut :

  1. Memantapkan produksi peternakan dan perikanan;
  2. Mengamankan produksi komoditas pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan;
  3. Meningkatkan dan mengoptimalkan sumberdaya alam dan sarana prasarana peternakan dan perikanan;
  4. Meningkatkan kualitas dan akses pasar produk hasil peternakan dan perikanan;
  5. Mengembangkan profesionalisme sumberdaya manusia peternakan dan perikanan.

Info